Aplikasi Mirip Procreate Untuk Android

Aplikasi Mirip Procreate Untuk Android

Salam Sobat Edmodo!

Berkarya semakin mudah dengan adanya aplikasi digital yang bisa kamu akses di ponsel pintarmu. Membuat sketsa, ilustrasi, bahkan animasi, semua bisa dilakukan di sana. Kamu mungkin sudah familiar dengan Procreate, aplikasi digital yang populer di kalangan para seniman dan desainer. Sayangnya, Procreate hanya tersedia untuk pengguna iOS. Namun, jangan khawatir karena kini sudah ada alternatif yang bisa kamu gunakan di Android. Di artikel ini, kami akan membahas aplikasi mirip Procreate untuk Android yang dapat membantumu dalam berekspresi dengan sungguh-sungguh.

Mengenal Aplikasi Mirip Procreate Untuk Android

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai aplikasi mirip Procreate untuk Android, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Procreate. Procreate adalah aplikasi digital khusus yang digunakan untuk membuat gambar, lukisan, ilustrasi, bahkan animasi. Aplikasi ini sangat populer dikalangan desainer dan seniman digital, terutama di platform iOS (iPad dan iPhone).

Jika kamu pengguna Android yang hendak mencari alternatif aplikasi serupa, kamu dapat menggunakan salah satu dari keempat alternatif aplikasi berikut:

Nama Tipe Harga Ulasan Pengguna
SketchBook Pemula – Profesional Gratis; $4.99 – $85.00/setahun 4.2/5
ArtFlow Pemula – Profesional Gratis; $2.99 – $5.99 4.1/5
Adobe Fresco Pemula – Profesional Gratis; $9.99/bulan 4.1/5
Infinite Painter Pemula – Profesional Gratis; $7.99 – $49.99 4.3/5

Kelebihan Aplikasi Mirip Procreate Untuk Android

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan aplikasi mirip Procreate untuk Android. Berikut adalah 7 kelebihan dari aplikasi-aplikasi tersebut:

1. Gratis atau berbiaya terjangkau

Beberapa aplikasi mirip Procreate untuk Android dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi seperti ArtFlow bahkan menawarkan paket berbayar yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Procreate, sehingga sangat cocok untuk para seniman pemula yang belum bisa mengeluarkan biaya besar.

2. Tersedia fitur kreatifitas yang tak kalah lengkap

Meskipun berbeda tipe platform, fitur yang tersedia pada aplikasi mirip Procreate untuk Android tidak kalah lengkap dengan aplikasi Procreate tersebut. Kamu masih bisa mengendalikan layar sentuh, mengatur brush, mencoba berbagai macam efek, dan lain-lain.

3. Dapat disinkronisasi dengan cloud

Aplikasi mirip Procreate untuk Android juga memberikan pilihan untuk melakukan sinkronisasi ke cloud. Bisa dengan Google Drive atau penggunaan layanan dari aplikasi itu sendiri. Artinya, kamu tetap bisa mengakses file pekerjaan yang sudah disimpan ketika kamu pindah perangkat atau kehilangan perangkatmu.

4. Mudah digunakan

Meski fitur dan tampilannya mirip Procreate, aplikasi mirip Procreate untuk Android terkenal sangat user-friendly. Sehingga sangat mudah untuk digunakan oleh pengguna pemula sekalipun.

5. Mendukung format file yang umum

Selain bisa melakukan sinkronisasi ke cloud, aplikasi mirip Procreate untuk Android juga dapat mendukung format file yang umum. Seperti PNG, JPG, dan PSD. Sehingga, kamu dapat membagikan file pekerjaanmu dengan mudah tanpa harus merubahnya ke format lain terlebih dahulu.

6. Dapat digunakan di device selain ponsel pintar

Salah satu kelebihan dari Sketchbook adalah dapat digunakan di perangkat selain ponsel pintar, yaitu PC atau tablet. Kamu dapat melakukan rendering besar dengan mudah melalui alat ini. Keuntungannya, jauh lebih mudah untuk mengontrol gambar di PC atau tablet.

7. Memiliki dukungan community yang kuat

Para aplikasi mirip Procreate untuk Android memiliki komunitas yang sangat kuat di media sosial. Sehingga, kamu dapat memperoleh berbagai tips dan trik dari para seniman dalam membuat gambar dengan aplikasi yang sama. Beberapa aplikasi bahkan memberikan tutorial resmi di Youtube ataupun platform lainnya.

Kekurangan Aplikasi Mirip Procreate Untuk Android

Tetap ada beberapa kekurangan dari aplikasi-aplikasi mirip Procreate di Android. Antara lain:

1. Perangkat pemrosesan rendah tidak dapat berjalan lancar

Salah satu masalah terbesar dengan menggunakan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang besar adalah sinkronisasi besar dapat membuat aplikasi tidak responsif.

2. Kurangnya fitur

Meskipun sebagian besar aplikasi memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebagian besar keperluan, tetapi fitur tidak dapat mengimbangi dengan Procreate yang untuk saat ini.

3. Peringkat yang lebih rendah

Memilih aplikasi yang kurang terkenal dengan pengikut yang kurang besar terkadang dapat sulit dalam memilih aplikasi terbaik untuk kita gunakan.

4. Terlalu sedikit pengaturan

Beberapa aplikasi kadang kurang memiliki pengaturan detail untuk fitur yang mereka miliki. Beberapa orang mungkin merasa terbatas pada jangkauan pengaturan yang tersedia untuk fitur tertentu.

5. Terlalu banyak tampilan pop-up

Seperti yang telah disebutkan, aplikasi serupa Procreate mirip memiliki terlalu banyak pop-up dan notifikasi saat digunakan. Meskipun, kebanyakan dari aplikasi pemula serupa ini dapat di fungsikan dengan baik.

6. Membuka Aplikasi Lebih Lambat

Waktu satu atau dalam beberapa kasus beberapa detik mungkin terlihat kecil tetapi cepat terkumpul ketika digunakan berkali-kali. Jika Anda bersiap untuk membuat gambar dan butuh cepat, melihat aplikasi dari saat pertama, hal ini mungkin menjadi agak menjengkelkan.

7. Berkas File Terkadang Membesar

Karena semua aplikasi serupa Procreate mirip dapat membuka dan mengedit gambar yang terbuat dari beberapa lapisan, mengedit beberapa file dalam satu waktu dapat menghasilkan ukuran file yang lebih besar dari yang diperkirakan.

FAQ

1. Aplikasi mana yang terbaik?

Setiap aplikasi memiliki kelebihannya masing-masing. Kamu harus memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan mudah digunakan olehmu.

2. Apakah aplikasi ini cocok untuk pemula?

Ya, aplikasi mirip Procreate untuk Android sangat cocok untuk pemula. Beberapa aplikasi bahkan memiliki UI sangat user-friendly yang mudah dipahami.

3. Apakah aplikasi ini memiliki fitur yang sama dengan Procreate?

Tentu saja beberapa aplikasi memiliki fitur yang mirip dengan Procreate. Tetapi tidak semua aplikasi memiliki fitur yang lengkap seperti Procreate.

4. Bisa tidak digunakan di perangkat selain Android?

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan di Android, kecuali Sketchbook yang juga tersedia untuk PC dan tablet.

5. Bagaimana cara mengatasi masalah aplikasi yang tidak responsif?

Kamu bisa mencoba menjalankan aplikasi secara terpisah atau force stop dan coba lagi.

6. Apakah aplikasi ini membutuhkan akses internet?

Tidak semua aplikasi membutuhkan akses internet. Tergantung pada bagaimana kamu menyinkronkan data aplikasi.

7. Apakah saya bisa mendapatkan penghasilan melalui aplikasi ini?

Tentu saja, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari karya yang kamu buat melalui aplikasi ini. Namun, pastikan kamu mengikuti ketentuan di masing-masing aplikasi ketika kamu menjual karyamu.

8. Bisa apa saja dilakukan di aplikasi mirip Procreate ini?

Dalam aplikasi mirip Procreate, kamu bisa membuat sketsa, lukisan, ilustrasi, hingga animasi. Semua bisa dilakukan di sana.

9. Apakah aplikasi ini membutuhkan sensor tekanan pada ponsel?

Beberapa aplikasi mirip Procreate dapat menggunakan sensor tekanan pada ponselmu, namun aplikasi lain tidak memerlukan hal ini untuk dapat digunakan.

10. Bagaimana cara menyimpan gambar dari aplikasi ini ke dalam galeri?

Cara menyimpan gambar dari aplikasi mirip Procreate cukup mudah. Kamu tinggal memilih opsi ‘Save Image’ atau ‘Export’ pada aplikasi.

11. Apakah aplikasi ini berbayar?

Sebagian aplikasi mirip Procreate untuk Android ada yang gratis dan sebagian dibanderol dengan harga tertentu.

12. Apakah aplikasi ini bisa digunakan untuk keperluan professional?

Banyak seniman dan desainer profesional yang menggunakan aplikasi mirip Procreate untuk Android. Namun, pastikan kamu memilih aplikasi yang tepat dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu.

13. Apakah ada batas penggunaan aplikasi ini?

Tidak ada batasan penggunaan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini selama kamu mau, tergantung pada masing-masing aplikasi yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Aplikasi mirip Procreate untuk Android merupakan alternatif yang cukup baik bagi pengguna Android yang ingin mencoba aplikasi serupa Procreate. Kelebihan dari aplikasi tersebut adalah dukungan cloud, mudah penggunaannya, dan tersedia fitur kreatifitas yang lengkap. Namun, aplikasi ini juga memiliki kekurangan seperti kurangnya fitur dan perangkat yang lambat.

Jangan lupa, pilihlah aplikasi yang tepat untukmu dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa meraih penghasilan dari karya yang kamu buat melalui aplikasi ini. Teruslah berkarya dan jangan takut untuk mencoba hal baru dari aplikasi mirip Procreate untuk Android.

Penutup

Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan bagi pembaca yang ingin mencoba aplikasi mirip Procreate untuk Android. Artinya, apapun keamanan dan kerugian yang timbul dari penggunaan aplikasi tersebut, bukan tanggung jawab kami. Kami hanya memberikan informasi dan panduan guna membantu pembaca untuk memilih aplikasi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhannya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.