Aplikasi Instagram 2021

Selamat datang Sobat Edmodo!

Aplikasi Instagram pada tahun 2021 semakin berkembang dan semakin menarik bagi para pengguna smartphone. Di tengah persaingan ketat antara platform media sosial, Instagram terus mencari cara untuk meningkatkan fungsinya dan memberikan pengalaman yang unik bagi para pengguna. Seiring dengan berbagai inovasi terbaru, Instagram juga menghadapi berbagai tantangan dan kritik yang beredar di masyarakat internasional. Melalui artikel ini, Sobat Edmodo akan memperoleh informasi lengkap mengenai inovasi dan tantangan terbaru pada aplikasi Instagram tahun 2021, sehingga Sobat Edmodo akan lebih merasa dekat dan mengenal Instagram lebih jauh.

Aplikasi Instagram 2021

Kelebihan Aplikasi Instagram 2021 πŸ’ͺ

Instagram menghadirkan beberapa fitur baru yang tentunya akan meningkatkan pengalaman para penggunanya. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dan pengembangan fungsionalitas dari aplikasi ini. Adapun beberapa kelebihan Instagram 2021:

Kualitas Foto yang Lebih Baik πŸ“Έ

Dalam mengikuti tren pada era kehidupan digital, Instagram telah meningkatkan kualitas tampilan foto yang dimuat ke dalam aplikasi. Fitur filter, crop dan pengolahan yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan gambar terus ditingkatkan.

Story Highlights 🌟

Instagram memungkinkan pengguna untuk menemukan dan menampilkan highlight story. Highlight berisi kumpulan video dan foto dengan tema tertentu yang disimpan secara permanen pada profil pengguna. Dengan adanya fitur ini sekarang story yang telah di unggah dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama dan mudah diakses lagi kapan saja.

Instagram Shopping πŸ›οΈ

Instagram membuka peluang bagi para penggunanya untuk dapat menjual produk mereka secara online. Dengan adanya fitur Instagram Shopping ini, para pengguna dapat langsung membeli produk yang ditampilkan dalam aplikasi. Instagram menjadi salah satu platform online shop paling terkenal saat ini.

Reels πŸŽ₯

Reels dengan durasi 15 detik yang disediakan oleh Instagram, kini menjadi semakin populer sebagai salah satu fitur favorit bagi para Instagramers. Fitur ini sangat menginspirasi mereka untuk menciptakan konten dengan cara baru. Reels menawarkan berbagai filter AR yang sedang tren yang membuatnya semakin membuat orang ingin mencoba dan meningkatkan kepopuleran Instagram di kalangan anak muda atau pengguna yang suka mengeksplor hal baru.

IGTV πŸ“Ί

Seperti YouTube, IGTV memungkinkan pengguna untuk mengunggah video yang lebih panjang hingga 60 menit. Dengan adanya fitur ini, para pengguna dapat banyak melakukan kegiatan kreatif seperti memposting video tutorial, video musik, dan juga video dokumenter beberapa kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Live Instagram 🎬

Fitur Instagram Live atau yang disebut Insta Live memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung, baik secara personal maupun berkolaborasi dengan orang lain. Mereka dapat saling bertukar pandangan dan berinteraksi satu sama lain langsung, sehingga hal ini memberikan efek positif dan bahkan dijadikan peluang bisnis.

Direct Message πŸ’¬

DM atau Direct message memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain secara langsung. Dengan adanya fitur DM, pengguna dapat mengobrol dengan teman, keluarga, prospek bisnis, atau bahkan menemukan teman baru di aplikasi. Selain sama seperti fitur chat pada aplikasi lain, DM ini memberikan nuansa yang lebih personal untuk melakukan percakapan.

Kekurangan Aplikasi Instagram 2021 πŸ€”

Selain melihat kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Instagram selama tahun 2021, Sobat Edmodo juga perlu tahu bahwa ada beberapa kekurangan yang muncul di dalam aplikasi, diantaranya:

Meningkatnya Aksi Peretasan πŸ‘Ύ

Aplikasi Instagram sering mendapatkan penyerangan atau peretasan akun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Meskipun Instagram telah memperkuat sistem keamanan dalam aplikasi, berbagai bentuk peretasan dan serangan tetap saja menempatkan pengguna dalam posisi yang rawan.

Kompetisi yang Semakin Ketat πŸ’Ό

Meskipun Instagram menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia, kompetisi antara aplikasi media sosial semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, Instagram juga harus bersaing dengan aplikasi Tiktok yang saat ini sedang naik daun di kalangan Remaja. Seperti diketahui, tiktok memiliki fitur yang sangat menarik, seperti efek visualisasi dan audio yang unik, serta menawarkan fitur duet sehingga penggunanya kreativitasnya makin terasah.

Tingginya Persaingan Bisnis πŸ†

Instagram menjadi sebuah wadah program branding baik itu personal atau perusahaan. Dalam menghadapi era digital, layanan GRATIS adalah senjata paling ampuh untuk para pengguna bisnis tentunya. Meski demikian, persaingan dalam penjualan di Instagram kian ketat, sehingga usaha promosi dibutuhkan agar munculnya peluang bisnis yang lebih baik dan meningkatkan peluang sukses di era digital.

Narasi Hoax yang Menyesatkan πŸ”Š

Salah satu kelemahan aplikasi Instagram adalah konten yang bersifat bisa mempengaruhi penilaian orang secara salah atau berisi keliru atau hoaks. Instagram yang sedang gencar meningkatkan kualitas konten positif, mewajibkan penggunanya untuk memastikan konten yang ia bagikan menjadi kontribusi yang baik.

Pelecehan dan Intimidasi 🀐

Salah satu fenomena negatif dalam aplikasi media sosial Instagram adalah tindakan pelecehan sebagai bentuk intimidasi. Hal ini belum dapat didahulukan, tindakan yang harus dilakukan agar aplikasi Instagram dapat tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman adalah sebuah kewajiban dan tanggung jawab kita bersama.

Batas Umur Pengguna Terbatas πŸ‘Ά

Instagram memiliki batas umur pengguna yang diatur sebesar 13 tahun ke atas, sehingga beberapa pengguna yang berusia di bawah batas usia, mungkin memerlukan izin orang tua untuk membuat akun Instagram. Menjadi sebuah proses yang cukup merepotkan bagi niche penggunanya yang masih di bawah umur. Namun, Instagram harus memperketat persyaratan penggunaan demi menjaga kredibilitas dan keselamatan bagi pengguna yang lebih muda.

Tampilan Dan Pengaplikasian Fitur πŸ“±

Tampilan yang sangat agresif dan jenuh lihatnya ada pada user Instagram. Fitur-fiturnya juga kadang sulit diterapkan,
menimbulkan kendala di kalangan user awam yang baru saja mencoba mengenal aplikasi ini. 

Tabel Informasi Mengenai Aplikasi Instagram 2021

Fitur Kegunaan Cara Menggunakan
Posting Foto Mengunggah foto yang diambil dengan kamera Buka kamermu lalu ambil foto kemudian klik Upload pada aplikasi Instagram mu.
Story Membagikan foto dan video dengan konten singkat dan bertahan selama 24 jam Pilih mode “Story” dan kamu bisa memilih untuk mengambil atau memilih foto dari galeri foto. Tambahkan teks, stiker dan gif sesuai keinginanmu.
Reels Membuat video pendek Telusuri “Reels” pada Instagram dan klik “Reels”. Klik tombol kamera untuk memulai perekaman kemudian tambahkan efek dan suara musik sesuai keinginanmu.
IGTV Membuat video yang lebih panjang dan mengunggah ke Instagram Tap video pada bagian profil Instagram kamu. Klik tombol TV untuk membuat video IGTV.
Direct Message Berinteraksi dengan pengguna lain dengan fitur chat Klik ikon pesan yang ada di sudut kanan atas Instagram untuk memulai obrolan dengan pengguna lainnya.
Explore Mengeksplor hal baru pada Instagram dengan/atau beberapa fitur terbaru Buka halaman Explore di Instagram dengan menekan logo search di bawah layar Instagram atau mengetik hashtag dan username untuk menemukan konten daftar konten yang kamu inginkan.
Shopping Mungkin membeli produk yang di inginkan Klik pada foto sebuah produk kamu ingin membeli pada fitur Instagram Shopping, lalu klik tombol “Beli Sekarang”.

Sering Ditanyakan! Berikut Jawaban dari 13 Pertanyaan Seputar Aplikasi Instagram 2021

1. Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?

Anda perlu login ke akun Instagram Anda melalui web browser, daftarkan akun deaktifasi Instagram Anda, konfirmasi deaktivasi dan maka akun Instagram sobat sudah terhapus.

2. Apa itu Instagram Reels?

Reels adalah bagian dari fitur video pendek Instagram yang memberikan pengguna kemampuan untuk membuat dan membagikan video pendek hingga 15 detik serta menambahkan filter serta musik

3. Bagaimana cara melakukan live Instagram?

Anda harus masuk ke halaman home Instagram Anda dan klik tombol kamera di sudut kiri atas. Selanjutnya, pilih “Live” di bawah bagian rekaman. Kemudian, klik tombol “Live” lagi untuk memulai mengirim video.

4. Apa itu IGTV?

IGTV (Instagram TV) adalah bagian dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk memposting video yang lebih panjang dari durasi video biasa Instagram. Panjang Maksimal IGTV video adalah 60 menit.

5. Adakah batasan dalam penggunaan hashtag?

Anda tidak diperbolehkan melakukan SPAM pada penggunaan hashtag yang tidak relevan atau penggunaan hashtag secara tertentu oleh Instagram. Instagram lebih suka Anda menggunakannya dengan hati-hati dan relevan dengan di gunakan dalam foto Anda.

6. Bagaimana cara membuat akun bisnis di Instagram?

Anda bisa langsung mengubah jenis akun personal ke akun bisnis melalui pengaturan di dalam aplikasi Instagram. Jika Anda belum punya akun, kamu bisa daftar terlebih dahulu kemudian masuk ke akun dan klik β€œUbah ke akun Bisnis” pada pengaturan profil Anda

7. Adakah cara logout akun Instagram dari perangkat lain tanpa akses?

Pengguna dapat logout akun Instagram dengan cara default apabila akun yang ingin kamu keluarkan masih telogin dan aktif pada perangkat lain. Jika kamu sudah login di banyak perangkat, kamu bisa melakukan penggantian password terlebih dahulu sesuai dengan aturan keamanan. Namun, pastikan dulu apakah akun itu kamu nilai masih penting karena apabila kamu melakukan logout, maka kamu harus mengetikkan kembali email dan password kamu untuk masuk ke aplikasi.

8. Apa yang mempengaruhi algoritma Instagram?

Instagram mengikuti apa yang disebut sebagai Jaringan Saraf Konvolusional atau CNN untuk Algoritmanya. Algoritma ini memberikan preferensi pada pos sebelumnya dengan tingkat interaksi yang tinggi atau postingan yang terbaru.

9. Adakah batasan ukuran file dalam penghapusan akun?

Instagram tidak memiliki batasan ukuran file terkait penghapusan akun, baik itu gambar profil dan posting. Namun jika terlalu besar biasanya memakan waktu yang cukup lama dalam prosesnya.

10. Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur pada Instagram yang memungkinkan pengguna untuk menjajakan produk yang dimiliki secara online. Penjual dapat melampirkan produknya dengan informasi harga dan deskripsi singkat yang membuat produk terjual.

11. Apa itu Instagram Story?

Instagram Story adalah fitur memungkinkan kamu untuk membagikan foto dan video yang berisi konten singkat yang hanya akan bertahan selama 24 jam. Memungkinkan pengguna untuk berbagi kegiatan dan keseruan dengan pengikut Instagram kamu.

12. Siapa pemilik dari Instagram?

Instagram didirikan dan dimiliki oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang telah menjual Instagram ke Facebook pada tahun 2012. Saat ini, Instagram adalah Divisi dari Facebook yang diketuai oleh bos Facebook yaitu Mark Zuckerberg.

13. Adakah Cara Melihat Password Instagram Saya?

Anda tidak dapat melihat password Instagram anda. Untuk memulihkan informasi login Anda, gunakan opsi lupa sandi saat login.

Kesimpulan: Instagram Masih Jadi Pilihan Terbaik! πŸ’‘

Meskipun memiliki kelemahan, Instagram tetap merupakan aplikasi yang sangat populer di selur