Alat Musik Triangle

Posted on

Alat Musik Triangle – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Alat Musik Triangle Yang Berdasarkan Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Serta Penjelasannya terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Alat Musik Triangle

Alat Musik Triangle

Alat Musik Triangle adalah alat musik yang memiliki tampilan yang sangat sederhana dalam bentuk segitiga. Instrumen ini masuk dalam kategori perkusi idiofonik, yang merupakan alat musik yang menghasilkan suara dari semua bagian instrumen yang menghasilkan getaran. Alat musik segitiga berasal dari Belanda, tetapi tidak diketahui pasti.

Secara umum, nama segitiga jelas merupakan bentuk yang jelas dari segitiga alat musik ini. Menurut kamus bahasa Inggris, tri = three dan angle = facet.

Dapat dikatakan bahwa suara yang dihasilkan oleh instrumen ini tidak memiliki skala, yang berarti bahwa ritme suara tergantung pada pengguna / pemain dari segitiga alat musik dan dipengaruhi oleh materi.

Umumnya alat musik ini memiliki ukuran sekitar 15 hingga 18 cm di setiap sisinya dan dimainkan dengan tongkat logam.

Awalnya, alat musik segitiga ini berbentuk segitiga sama sisi, tetapi ketika instrumen ini berkembang, ada segitiga sama kaki, dan beberapa cincin ditambahkan, cincin itu mengeluarkan suara dering.

Instrumen ini terbuat dari logam, beberapa terbuat dari baja atau jenis logam lainnya. Di sudut alat musik ini terdapat lubang (atau bentuk lain) yang berisi seutas tali yang konon terbuat dari selongsong binatang tetapi telah berubah seiring waktu, seperti kawat dan nilon sebagai pegangan untuk alat musik .

Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Triangle

Ada banyak cara di mana memainkan instrumen segitiga berkembang. Itu tergantung pada jenis musik dan kemampuan musik dari orang-orang yang memainkannya. Sebagai contoh, musik rock dan musik rakyat (tradisional) dimainkan bervariasi dan menarik hanya pada musik samba.

Saat memainkan instrumen segitiga, ikuti instruksi, yaitu jangan menyentuh instrumen saat instrumen diputar. Kenapa begitu? Ini menghentikan getaran dan menghilangkan reaksi karena suara alat ini berasal dari getaran yang dihasilkan.

Secara umum, segitiga dimainkan dengan memukulnya keluar. Namun, karena perubahan tempo yang cepat diperlukan dalam irama musik, rekaman dipindahkan ke bagian dalam segitiga sehingga suara yang keras dapat dihasilkan pada tempo yang cepat.

Dalam komunitas Cajun Prancis, sekelompok orang yang tinggal di negara bagian Louisianan AS yang terutama berbicara bahasa Prancis. Instrumen yang memiliki bentuk segitiga disebut titer, di mana dimainkan dengan hentakan, segitiga ini mungkin menggantikan instrumen drum.

Fungsi Alat Musik Triangle

Alat musik Segitiga Ritmik yang sudah kita ketahui termasuk dalam cara perkusi idiofonik. Contoh alat musik dalam kategori idiophony adalah lonceng, simbal, lonceng dan salah satunya adalah segitiga. Segitiga dapat dilihat sebagai “alat” atau instrumen musik dan lagu.

Alat musik segitiga ini terkadang dimainkan di “bar”, dan ada juga yang memainkannya dengan variasi dan daya tarik penuh. Tergantung pada lagu dan musik serta kemampuan musik dari pemain alat ini. Meskipun segitiga hanya merupakan “alat” untuk musisi, itu tidak mencakup kemungkinan jika dimainkan dengan cara yang lebih bervariasi dan menarik.

Seorang drummer berkomentar dalam bukunya Grove Grove of Music and Musician: “Segitiga bukanlah instrumen yang mudah”, yang berarti “segitiga bukanlah instrumen yang mudah dimainkan”.

Dalam bukunya, ia mencatat bahwa Triangle adalah alat musik yang mungkin sangat unik dan tidak semua orang bisa memainkannya karena membutuhkan keterampilan khusus. Meski terkesan sebagai alat musik yang bisa dianggap “sepele”, alat bantu musik ini memang tidak mudah dimainkan.

Sejarah Triangle

Menurut literatur yang ada, alat musik segitiga ini pertama kali diproduksi pada abad ke-16 Masehi. Tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menciptakan atau membuat segitiga ini, tetapi dalam sejarah musik klasik di Eropa, alat musik segitiga ini dimainkan di orkestra klasik barat sekitar abad ke-18 Masehi.

Ini karena instrumen segitiga dimainkan, segitiga di bagian-bagian tertentu dapat dimainkan sendiri atau hanya dengan instrumen musik. Tidak heran kalau konser itu disebut sebagai concerto segitiga atau dijuluki.

Pada abad ke-19 M, instrumen musik segitiga digunakan dalam beberapa gaya musik, misalnya dalam musik Richard Wagner, seperti “Chorus Pengantin” oleh “Lohengrin”. Richard Wagner adalah komposer berpengaruh di Jerman, seorang ahli teori musik terkenal melalui karya operatifnya.

Sosok yang Mengembangkan Alat Musik Triangle

Wagner adalah sosok yang kontroversial karena inovasi musik yang ia ciptakan dan juga karena ia mendukung pemikiran anti-Semit. Dalam sejarah musik, ia dianggap komposer romantis.

Kembali pada instrumen segitiga, segitiga juga sering dimainkan oleh simfoni Hans Rott. Masih banyak musisi yang biasanya menggunakan segitiga dalam lagu mereka, termasuk Jhon Deacon dari band Rock Queen.

Dia memainkan segitiga dalam penampilan band-nya dengan tema Killer Queen, Joni Mitchell dalam lagunya “Big Yellow Taxi”, Henry Mancini di Pink Panther dan masih ada banyak musisi atau aransemen musik di luar negeri yang menggunakan suara yang dihasilkan oleh segitiga.

Orang Kristen biasanya menggunakan alat ini sebagai musik rohani Kristen. Ada band indie yang menggunakan alat musik segitiga sebagai alat. Ini adalah band Acoustic Tutor, salah satu band tema agama Kristen.

Ketika ditanya tentang segitiga, mereka berpendapat, “Segitiga pada dasarnya digunakan untuk mempermanis suasana pengaturan lagu yang sedang diputar. Hampir semua jenis lagu dapat ditambahkan ke ritme segitiga, dari ansambel jazz, jazz halus, pop, Jazz Latin, Balad dll. “

Dalam sebuah pertemuan dengan tim musik, Bapak Willy Soemantri mengatakan: “Meskipun para pemain segitiga hanya bertemu mereka sesekali dan jarang, dia akan menyukainya jika mereka dimainkan dengan motivasi untuk Tuhan.”

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Alat Musik Triangle. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: