Alat Musik Harmonis

Posted on

Alat Musik Harmonis – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Alat Musik Harmonis Yang Berdasarkan Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Serta Penjelasannya terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Alat musik harmonik adalah alat yang dapat digunakan untuk memainkan akor atau kombinasi beberapa not secara bersamaan.

Alat musik harmonik tidak hanya ditemukan dalam musik modern, musik tradisional Indonesia juga memiliki banyak alat musik harmonik.

Alat Musik Hharmonis Modern

Alat Musik Harmonis

Biasanya alat musik modern berasal dari budaya barat melalui jenis musik pop, klasik, jazz, blues dan lainnya. Skala yang digunakan adalah diatonis, yaitu do re mi fa sol la si do. Cara instrumen dimainkan tergantung pada bahan dari mana instrumen itu dibuat.

Piano

Piano

Siapa yang tidak kenal piano? Alat musik dengan papan hitam dan putih sering dimainkan dalam band, solo atau orkestra. Saat ini piano telah berkembang menjadi keyboard dan piano listrik.

Saat memainkan piano, musisi cukup menekan tombol (papan hitam dan putih) dan kemudian mekanisme di dalam tubuh piano yang membunyikan not.

Ketika musisi menekan tombol, dia benar-benar menggerakkan semacam palu kayu yang menyerang senar dan akhirnya membuat suara. Mekanisme ini tentu saja tidak terjadi pada piano listrik karena perbedaan struktur instrumen.

Gitar

Gitar

Gitar adalah alat musik yang sangat populer di dunia. Berbentuk seperti nomor 8 dengan leher panjang dan kepala gitar, yang dengannya pemain dapat menyesuaikan kekuatan tali.

Gitar terdiri dari 6 senar yang terbuat dari nilon atau senar (kawat). Suara yang dihasilkan oleh gitar berasal dari getaran string, yang kemudian beresonansi di wilayah udara tubuh gitar.

Saat ini gitar telah dikonversi menjadi gitar listrik sehingga tidak memerlukan ruang resonansi. Bahkan musisi dapat menambahkan efek suara tertentu ke gitar, membuat karakter nada gitar semakin beragam. Gitar dapat dimainkan pada semua jenis musik, dengan gaya bermain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Marimba

Marimba

Marimba adalah instrumen perkusi kayu dengan tabung suara di bawah balok kayu. Instrumen ini dimainkan dengan cara memukul dengan palu yang dilapisi karet atau benang.

Komposisi catatan pada marimba hampir sama dengan piano, kecuali bahwa balok kayu dari marimba disusun pada 2 tingkat guna memisahkan warna dan nada standar. Marimba dimainkan solo, dalam duet (ada dua pemain dalam 1 marimba), dalam orkestra dan dalam band kuningan.

Harmonika

Harmonika

Alat musik harmonik ini dimainkan dengan meniup dan mengisap. Bentuk instrumennya sederhana, hanya balok dengan lubang kecil di salah satu balok panjang. Harmonika sering dimainkan dalam band-band dengan country, solo, ansambel dan grup musik lainnya.

Harpa atau Kecapi

Biola

Instrumen ini tidak dianggap sebagai produk murah, jadi ada sangat sedikit penggemar di Indonesia. Maya Hasan dan Rama Widi adalah pemain harpa profesional yang dikenal di Indonesia. Harp adalah alat musik yang dimainkan dengan memetik.

Jumlah tali kecapi berkisar antara 22-47 keping tergantung pada ukuran kecapi. Harpa besar dimainkan dengan menyandarkan harpa di atas bahu Anda saat pemain duduk. Sementara harpa kecil dapat dimainkan oleh pemain harpa dengan posisi di pangkuan.

Meskipun menggunakan string, harpa tidak dimainkan seperti gitar dengan tangan kiri menekan dan tangan kanan memetik senarnya. Harpa dimainkan dengan tangan kanan dan tangan kiri yang memilih senar. Prinsip permainannya hampir sama dengan piano.

Alat Musik Harmonis Tradisional

Tidak seperti alat musik modern dengan nada diatonis, alat musik harmonik tradisional biasanya masih menggunakan skala tradisional. Berikut adalah 5 alat musik tradisional yang digolongkan sebagai alat musik harmonik.

Bonang

Bonang

Bonang adalah satu instrumen pada gamelan. Alat musik ini memiliki bentuk pencon, Dimana menyerupai bentuk stupa di kuil. Bahan dasar

Bonang adalah logam dan dimainkan dengan tongkat berlapis karet. Pemain Bonang menggunakan 2 tongkat untuk tangan kanan dan kiri sehingga mereka dapat memainkan dua not pada saat bersamaan.

Dalam Gamelan Javelese ada dua jenis Bonang, yaitu Bonang Panembung dan penggantinya, yang dimainkan dengan cara yang lucu untuk mencapai harmonisasi yang dekat dan unik.

Kedua jenis Bonang memiliki register nada yang berbeda, sehingga melodi yang dihasilkan oleh kedua Bonang ini saling melengkapi.

Kolintang

Kolintang

Alat ini berasal dari Sulawesi Utara dan berbentuk balok kayu. Balok kayu ini diletakkan di atas dudukan sehingga bentuk kolintang menyerupai meja. Kolintang dimainkan dengan tongkat, yang juga terbuat dari kayu.

Dalam sebuah ansambel ada berbagai jenis Kolintang dengan nada yang berbeda, sehingga musik yang dihasilkan dalam bentuk ansambel terdengar harmonis dan kaya.

Angklung

Angklung
Angklung

Angklung berasal dari Jawa Barat dan biasanya dimainkan dengan Calung. Alat musik angklung dan calung terbuat dari bambu, yang dipotong sedemikian rupa sehingga nada dapat diatur pada bambu berdasarkan patung yang ada.

Ada 2-3 pipa bambu dalam satu sudut, yang menyebabkan akord berbeda ketika diguncang. Karena sebuah sudut hanya menghasilkan satu not atau akor, banyak orang harus memainkan dan menambahkan catatan secara bergantian untuk memainkan lagu.

Jika Anda ingin bermain solo Angklung, Angklung-Angklung digantung pada tiang gawang dan disortir berdasarkan pitch sehingga pemain hanya perlu mengguncang Angklung dan tidak dipegang dengan kedua tangan seperti ketika ia memainkan Angklung yang monoton.

Saat ini, Angklung dan Calung telah dibuat pada skala diatonis sehingga mereka dapat memainkan lagu-lagu modern dan lagu-lagu rakyat di seluruh Indonesia. Ini untuk memudahkan penerimaan angklung untuk semua kelompok, termasuk wisatawan asing yang sering datang ke Jawa Barat.

Sampe

Sampe

Alat musik unik ini berasal dari komunitas Dayak. Sampe adalah alat musik tradisional yang menggunakan string sebagai sumber suara. Keunikan musik terletak pada cara musisi mengatur / menyetel melodi sehingga mereka sesuai dengan perasaan pemain. Hasil mempekerjakan satu orang berbeda dari orang lain.

Sejauh ini ada banyak pemain yang telah menunjukkan bakat mereka di panggung musik jazz dan memainkan improvisasi yang sangat mengagumkan. Sampe telah dimodifikasi sehingga dapat digunakan seperti sistem gitar listrik yang dapat dihubungkan ke speaker untuk mendukung penampilannya di panggung besar.

Sasando

Sasando

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara memetik. Pada awal penciptaannya, instrumen ini menggunakan tali yang terbuat dari daun kelapa. Sedangkan tubuh instrumen terdiri dari daun lontar sendiri. Sejauh ini, Sasando terus tumbuh, baik dari segi jumlah string dan dari segi ukuran.

Alat musik NTT ini hanya bisa dimainkan oleh orang tua atau orang tua. Tetapi jika tidak diperkenalkan kepada generasi muda, Sasando secara bertahap akan dilupakan dan kemudian menghilang. Oleh karena itu, musisi NTT saat ini fokus pada promosi Sasando, sehingga banyak orang tertarik untuk belajar dan melestarikan Sasando.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Alat Musik Harmonis. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: